Sabtu, 20 Maret 2021

Wirausaha Digital, Apa Untungnya?

Sumber : Pinterest

 

Halo Sobat Dunia Kampus, era globalisasi membuat banyak perubahan bagi kehidupan kita saat ini. Salah satu dampak yang dapat dirasakan adalah makin berkembangnya teknologi dengan pesat. Perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat tersebut, memungkinkan kita untuk mulai melakukan berbagai aktivitas dengan mudah dengan bantuan teknologi. Salah satu contohnya adalah teknologi dapat membantu manusia dalam mendapatkan uang untuk kebutuhan sehari – hari.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan dengan bantuan teknologi adalah berwirausaha. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Kewirausahaan adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Dengan kata lain, kewirausahaan adalah seseorang yang dapat membuat atau mengenalkan produk atau suatu hal yang baru dan berbeda dari yang lainnya. Pelaku kewirausahaan biasanya disebut sebagai wirausahawan atau entrepreneur.

Sebelum berkembangnya teknologi, para pelaku wirausaha biasanya menjajakan bisnisnya dengan cara bertemu langsung dengan konsumennya. Akan tetapi, setelah berkembangnya era teknologi digital, pelaku wirausaha mulai mencoba menjajakan bisnisnya melalui dunia digital. Sehingga, muncullah istilah wirausaha digital. Kewirausahaan digital adalah kegiatan kewirausahaan yang dilakukan dengan bantuan teknologi digital dalam aktivitas bisnisnya. Pelaku kewirausahaan digital bisa disebut sebagai Technopreneurship. Dalam kewirausahaan digital, teknologi dimanfaatkan dalam segala bidang bisnis, seperti proses produksi (menggunakan mesin yang lebih canggih, terdapat sensor, dan teknologi terbaru lainnya) hingga proses pemasaran (memakai dunia digital, seperti media social, e – commerce, platform sendiri, dan sebagainya).

Perkembangan teknologi akibat era globalisasi inilah yang mengakibatkan munculnya wirausaha digital semakin menjamur diberbagai kalangan masyarakat. Wirausaha digital itu penting, karena dengan bantuan teknologi para wirausahawan dapat lebih mudah dalam menggerakkan bisnisnya. Contohnya adalah pada digital marketing, para pelaku wirausaha dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu dalam melakukan promosi dan penjualan produknya melalui media social, e – commerce, dan sebagainya. Contoh lainnya adalah dalam proses produksi, para pelaku usaha dapat memanfaatkan mesin dengan teknologi terbaru dan meletakkan sensor pada setiap mesin untuk memudahkan wirausahawan dalam menjaga kualitas mesin tersebut. Sehingga, apabila mesin tersebut terindikasi mengalami kerusakan, sensor tersebut akan mengirimkan sinyal agar segera dilakukan perbaikan.

Perubahan metode bisnis dari yang tadinya non – digital menjadi wirausaha digital, tentunya akan memunculkan tantangan bisnis yang baru. Tantangan bisnis yang mulai muncul akibat adanya era bisnis digital, yaitu :

·         Transformasi Digital :

Tidak banyak orang yang dapat menerima adanya suatu perubahan dengan cepat, karena takut akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan. Oleh karena itu, setiap pelaku usaha perlu untuk berani melakukan perubahan aktivitas bisnis menjadi digital.

·         Kecepatan Informasi :

Era digital membuat berbagai macam informasi dapat dengan mudah didapatkan oleh masyarakat. Dampaknya,kebutuhan masyarakat pun dapat mengalami perubahan menjadi yang lebih praktis dan cepat. Oleh karena itu, suatu bisnis akan mengalami perununan dan ketertinggalan apabila tidak mengikuti kebutuhan masyarakatnya saat ini.

·         Sumber Daya Manusia :

Setiap bisnis pasti memerlukan adanya sumber daya manusia. Oleh sebab itu, sebuah bisnis akan mengalami sebuah ketidakseimbangan, apabila sumber daya manusia yang terlibat tidak memiliki kemampuan yang mumpuni. Sehingga, perlu adanya upaya untuk mengembangkan kemampuan pekerjanya mengikuti perkembangan teknologi untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik.

            Selain adanya tantangan yang muncul akibat adanya perubahan di era digital, tentunya perubahan tersebut akan memunculkan peluang emas bagi para pelaku bisnis. Berikut ini adalah beberapa peluang terkait adanya wirausaha digital :

·         Menjangkau Pasar Dengan Mudah :

Saat ini, penggunaan internet sudah semakin banyak. Internet banyak digunakan oleh masyarakat untuk mencari produk yang diminati. Oleh karena itu, pelaku bisnis bisa dengan mudah untuk memasarkan, memperkenalkan, dan menjual produk bisnisnya melalui internet. Melalui internet, produk yang kamu jual dapat dengan mudah dan cepat disebar ke konsumen.

·         Meningkatkan Profit Bisnis :

Melalui dunia digital, pebisnis dapat menambah keuntungan bisnisnya dengan lebih mudah. Munculnya fitur pembayaran online dapat membantu konsumen untuk lebih mudah membayar produk tersebut, yang mana tentunya hal itu akan menambahkan penjualan produk tersebut. Selain itu, digital marketing dapat membantu pelaku bisnis dalam menjangkau konsumennya dengan mudah.

·         Mempermudah Evaluasi Bisnis :

Perkembangan teknologi dapat mememudahkan wirausahawan dalam melakukan evaluasi. Wirausahawan dapat melihat melakukan perbandingan dengan bisnis pesaing guna meningkatkan kualitas bisnisnya. Selain itu, pebisnis juga dapat melakukan pendataan aktivitas bisnisnya dengan mudah dengan bantuan teknologi. Sehingga, evaluasi dapat dilakukan dengan lebih tepat dan cepat.

Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada, para pelaku usaha perlu menerapkan strategi bisnis yang tepat. Ada beberapa macam strategi bisnis yang dapat dilakukan dalam era wirausaha digital, yaitu :

·         Customer Focus :

Pada strategi ini, para pelaku usaha harus melakukan sebuah inovasi yang dapat menambah kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, dapat dilakukan sebuah survei untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, kritik, dan saran terhadap produk yang para pelaku usaha jual. Contohnya, pelaku usaha memberikan opsi delivery order  bagi konsumennya yang ingin membeli produk tersebut, namun belum sempat untuk mengunjungi toko tersebut secara langsung.

·         Omnichannel :

Strategi ini merupakan cara untuk aktivitas bisnis yang dilakukan secara offline tetap terhubung dengan aktivitas bisnis secara online. Contohnya adalah menghubungkan kegiatan operasional, seperti penjualan, untuk masuk ke dunia digital.

·         Big Data :

Strategi ini mengharuskan kita untuk memuat sejumlah data yang berkaitan dengan aktivitas bisnis untuk tujuan tertentu. Contohnya, menggunakan sebuah platform digital untuk memudahkan warehouse dalam mengawasi serta mengambil keputusan bisnisnya.

·         Cybersecurity :

Seperti yang kita ketahui, dunia digital rentan akan adanya aksi cybercrime.  Oleh karena itu, perlu adanya strategi untuk tetap melindungi informasi bisnis perusahaan. Contohnya, menggunakan platform yang dapat membantu dalam mencegah terjadinya aksi cybercrime.

·         Kapabilitas Digital :

Maksud dari strategi ini adalah para pelaku usaha harus memiliki kemampuan yang mendukung bisnisnya untuk masuk ke dunia digital. Contohnya, mahir dalam membuat dan menggunakan platform digital yang anda pakai.

Untuk menerapkan strategi bisnis tersebut, tentunya para pelaku kewirausahaan harus memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni. Kemampuan tersebut berguna untuk mengimbangi kemajuan teknologi dengan kemampuan sumber daya manusianya. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki dalam wirausaha digital :

·         Komunikasi :

Setiap wirausahawan harus memiliki kemampuan ini. Komunikasi berguna untuk membangun hubungan antara pihak internal dan eksternal bisnis, termasuk konsumen.

·         Branding :

Bisnis tidak hanya melakukan proses jual – beli saja, namun pebisnis perlu melakukan sesuatu agar produk tersebut dapat memiliki kekhasan yang melekat pada produk tersebut.

·         Finansial :

Gagalnya suatu usaha bisa terjadi karena adanya kesalahan dalam mengatur keuangan. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha untuk bisa mengatur keuangan dengan baik dan bijak.

·         Marketing dan Networking :

Setiap pebisnis perlu melakukan pemasaran agar produknya dapat dikenal oleh masyarakat. Selain itu, pebisnis juga bisa memperluas relasi bisnisnya agar dapat saling memberikan umpanbalik yang bermanfaat bagi bisnis tersebut.

 

 

·         Design :

Sebuah produk perlu untuk menimbulkan ke unikannya sendiri. Oleh sebab itu, desain penting untuk menimbulkan kekhasan produk tersebut dan memberikan fungsi pemakaian yang berbeda dari produk lainnya.

·         Analytics and Learning :

Setiap pelaku usaha perlu melakukan sebuah Analisa. Analisa ini berguna untuk mengetahui apa yang perlu dievaluasi dari bisnis tersebut. Selain itu, pebisnis juga perlu untuk belajar hal baru yang berkaitan dengan bisnis dan teknologi untuk meningkatkan kinerja bisnisnya.

·         Technical and Automation :

Wirausahawan perlu mempelajari keterampilan tentang dunia digital. Hal ini berguna untuk memecahkan masalah yang kompleks, dengan cara berpikir terstruktur dan logis. Selain itu, wirausahawan juga perlu untuk mempelajari perangkat lunak agar bisnis dapat dijalankan dengan lebih mudah dengan bantuan teknologi tersebut.

Sumber Referensi

·         https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-wirausaha-bagaimana-cara-menjadi-wirausaha-sukses/#Pengertian_Wirausaha

·         https://www.tamasia.co.id/manfaat-digital-marketing/

·         https://www.krjogja.com/angkringan/opini/membangun-kewirausahaan-digital/

·         https://www.jurnal.id/id/blog/kenali-peluang-dan-tantangan-bisnis-di-era-digital/

·         https://www.maxoke.com/2019/05/pengertian-ciri-ciri-serta-tujuan-kewirausahaan.html#:~:text=Sedangkan%20pengertian%20kewirausahaan%20menurut%20wikipedia,lebih%20baik%20dalam%20menjalankan%20sesuatu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

QRIS Solusi Bertransaksi Pada Era Digital

  Sumber : Pinterest Halo Sobat Dunia Kampus, saat ini dunia sedang mengalami era revlosui industry 4.0. Di era ini, peran manusia mulai dig...