Minggu, 04 April 2021

Pentingnya Digital Marketing Saat Ini

 

Sumber : Pinterest


Halo Sobat Dunia Kampus, era globalisasi mendorong terjadinya perubahan teknologi yang begitu pesat. Salah satu hal yang dapat dirasakan oleh kita adalah mulai munculnya strategi marketing secara  digital yang biasa disebut sebagai digital marketing. Apa itu digital marketing? Digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran atau marketing yang dilakukan oleh suatu badan usaha terhadap produknya dengan memakai sarana digital, seperti internet dan media social.

Digital marketing bertujuan untuk melaksanakan kegiatan pemasaran agar lebih cepat diterima oleh masyarakat. Seperti yang kita ketahui, saat ini dunia digital merupakan salah satu dunia yang sering dijajaki oleh masyarakat. Dengan kata lain, masyarakat mulai sulit untuk terlepas dari Namanya dunia digital. Ditambah lagi dengan adanya era Pandemi Covid – 19 ini, masyarakat semakin terbuka untuk menerima adanya perubahan atau perkembangan teknologi. Hal ini dikarenakan, pandemic ini memaksa kita untuk terus berada di rumah saja dan melakukan berbagai aktivitas sehari – hari, seperti bekerja dan bersekolah, melalui dunia digital.

Alasan Meningkatnya Digital Marketing

Peningkatan di digital Marketing memang membutuhkan waktu. Namun, ada beberapa alasan atau faktor yang membuat penggunaan digital marketing dapat mengalami peningkatan. Berikut ini adalah beberapa alasan meningkatnya digital marketing :

·         Bertambahnya penggunaan perangkat selulers,

·         Bertambahnya jumlah pengguna dunia internet,

·         Bertambahnya jumlah pengguna media social aktif.

Alasan Pentingnya Digital Marketing

Digital marketing merupakan langkah atau strategi baru dalam bidang pemasaran untuk menghadapi era globalisasi saat ini. Era globalisasi saat ini menuntut para pelaku usaha untuk lebih berinovasi dalam bidang teknologi. Oleh karena itu, ada beberapa alasan tentang pentingnya penggunaan digital marketing , yaitu :

·         Menjangkau Pasar Lebih Luas

Seperti yang kita ketahui, saat ini penggunaan internet sudah sangat digemari oleh masyarakat. Oleh karena itu, penerapan digital marketing dalam dunia bisnis untuk sekarang sangatlah menarik. Konsumen dapat dengan mudah menemukan produk anda melalui dunia digital ini. Karena, barang atau produk yang pelaku usaha pasarkan melalui digital marketing dapat langsung tersebar dan dijangkau dengan mudah oleh konsumen nantinya.

·         Target Lebih Mudah Ditentukan

Seperti kegiatan pemasaran konvensional lainnya, dalam digital marketing para pelaku usaha harus dapat menentukan target konsumennya terlebih dahulu. Dalam dunia digital, seperti internet, ada yang namanya algoritmanya sendiri. Algoritma tersebut dapat digunakan untuk membantu pelaku usaha dalam menemukan targetnya dengan lebih mudah. Contohnya adalah usaha yang bergerak di bidang produk makanan dapat menggunakan tag  atau domain yang nantinya akan membuat produk anda dilihat dengan mudah oleh konsumen.

·         Mengalami Peningkatan Keuntungan

Keuntungan memang merupakan tujuan utama dari yang namanya kegiatan bisnis. Dengan berkaca pada dua alasan sebelumnya, kita dapat menyimpulkan. Jika  kita berhasil melakukan kegiatan digital marketing dengan baik, maka pelaku usaha akan mendapatkan keuntungan lebih besar dari sebelumnya. Ini disebabkan, karena pasar yang dijangkau lebih luas dan target konsumen yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.

·         Terlihat Lebih Eksklusif dan Profesional

Dalam dunia pemasaran, biasanya konsumen akan melihat terlebih dahulu tentang sisi kreatif dari desain pemasaran suatu produk. Oleh karena itu, jika para pelaku usaha memanfaatkan digital marketing dengan baik, media digital marketing dapat menjadi nilai plus dari sisi konsumen. Alasannya adalah karena itu membuktikan bahwa usaha tersebut tetap berinovasi, professional, dan mengikuti perkembangan jaman. Sehingga, konsumen akan menilai bahwa usaha tersebut adalah usaha yang memiliki nilai keekslusifan dan professional yang tinggi.

·         Mudah Melakukan Evaluasi

Dalam dunia digital, semua aktivitas kita akan direkam oleh sistem. Data – data tersebut akan direkam secara real time. Oleh karena itu, jika para pelaku usaha menggunakan digital marketing, maka pelaku usaha akan mendapatkan data dan informasi yang akurat mengenai hasil pemasaran menggunakan sistem digital marketing ini. Data dan informasi tersebut dapat berupa jumlah orang yang menyaksikan atau mengunjungi platform digital pemasaran produk tersebut. Nantinya, data dan informasi tersebut dapat dievaluasi untuk mengetahui kebijakan atau strategi apa yang harus diambil untuk membuat produk tersebut lebih dikenal oleh masyarakat.

Strategi dalam Dunia Digital Marketing

Dalam dunia digital marketing, para pelaku usaha juga perlu untuk menentukan strategi yang tepat. Tujuannya adalah agar usaha atau produk yang dipasarkan dapat mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik dalam jumlah ketertarikan konsumen dan juga nilai daya saing yang tinggi. Pada kali ini, ada strategi yang bernama SOSTAC Marketing Diagram. Strategi ini terdiri dari :

·         Situation Analysis (Where are we now?)

Di fase ini, para pelaku usaha harus dapat mengetahui tentang dimana sih posisi usaha tersebut sekarang. Maksudnya adalah pelaku usaha harus mengetahui tentang Goal Perfomance, Customer Insight, E – Marketplace SWOT, Brand Perception, dan Internal Capabilities and Resources.

·         Objectives (Where do we want to be?)

Di fase ini, pelaku usaha mulai menentukan tujuan dari usaha atau produknya tersebut. Di sini, pelaku usaha harus menentukan arah atau tujuan yang ingin dibawa oleh produk tersebut. Ada 5 komponen yang harus ditingkatkan untuk menentukan tujuan yang tepat dari produk tersebut, yaitu 5S. 5S terdiri dari Sell, Serve, Sizzle,Speak, dan Save.

·         Strategy (How do we get there?)

Pada tahap ini, pelaku usaha mulai membuat sebuah strategi yang tepat untuk usahanya tersebut. Selain itu, pelaku usaha juga harus dapat menentukan Segmentation, Targeting, Online Value Preposition, Sequence, Integration, Database, dan Tools.

·         Tactics (How exactly do we get there?)

Pada tahap ini, pelaku usaha mulai membuat langkah konkrit atau langkah yang lebih jelas untuk mencapai tujuan bisnisnya. Dengan kata lain, fase ini menggabarkan lebih detail tentang strategi untuk tujuan bisnis anda. Langkah dapat dilakukan, yaitu E – Marketing Mix (Communication and Social Networking), Details of Contract Strategy, dan E – Campaign Initiative Schedule.

·         Actions (The details of tactics)

Fase ini adalah fase dimana kita mulai mengeksekusi atau melakukan kegiatan digital marketing. Fase ini meliputi tentang apa Responsbilities and Structures, Internal Resources and Skills, dan External Agencies.

·         Control (How do we monitor performance?)

Di fase ini, kita mulai untuk melakukan control dan evaluasi terhadap kegiatan bisnis yang telah dilakukan sebelumnya. Tujuannya adalah agar kita dapat mengetahui bagaimana performa kinerja bisnis kita selama ini. Fase ini juga meliputi Customer Satisfaciton, Frequency of Reporting, Process Reporting and Action, dan Key Perfomance Indicator.

Jenis – Jenis Digital Marketing

Digital marketing terdiri dari beberapa macam. Setiap macam tersebut tentu memiliki ke khasannya sendiri. Tentunya, terdapat juga kelebihan dan kekurangan dalam setiap macam tersebut. berikut ini adalah beberapa jenis dari digital marketing :

·         Content Marketing

Content Marketing adalah marketing yang berfokus kepada bidang penulisan. Contohnya adalah blog, situs, E – book, dan yang lainnya.

·         Search Engine Optimazitation (SEO)

SEO bertujuan untuk memperoleh interest yang banyak dari konsumen. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan judul, keyword, deskripsi, dan isi yang relevan dengan produk tersebut.

·         Seacrh Engine Marketing (SEM)

SEM adalah sebuah strategi yang digunakan untuk memperoleh jumlah visitas yang lebih banyak. SEM dilakukan dengan cara berbayar, namun lebih cepat untuk mendapatkan pengunjung atau konsumen.

·         Social Media Marketing (SMM)

Sesuai namanya, SMM adalah cara untuk melakukan digital marketing dengan menggunakan bantuan media social. Dengan media social tersebut, pelaku usaha dapat membangun hubungan lebih erat dengan konsumen.

·         Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah digital marketing dengan cara melakukan sebuah hubungan dengan pelaku usaha lainnya. Contohnya adalah kita menaruh link bisnis kita di website partner bisnis kita. Jika ada yang mengklik link tersebut, maka kita akan mendapatkan komisi dan pengunjung terhadap bisnis kita.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai dunia digital marketing. Digital Marketing memang merupakan sesuatu yang sudah mulai gencar dilakukan oleh para pelaku usaha, terutama selama masa pandemic ini. Namun, kita juga harus mewaspadai adanya resiko terhadap digital marketing ini.

 

Sumber Referensi

·         https://www.hanindo.co.id/portfolio/digital-marketing-alasan-serta-manfaat-untuk-bisnis-anda

·         Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing - Jurnal

·         https://digimind.id/10-jenis-digital-marketing-yang-wajib-kamu-ketahui/

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

QRIS Solusi Bertransaksi Pada Era Digital

  Sumber : Pinterest Halo Sobat Dunia Kampus, saat ini dunia sedang mengalami era revlosui industry 4.0. Di era ini, peran manusia mulai dig...